Cara Cek Slik OJK Lewat HP Online dan Lihat Persyaratannya

cakrawalanusantara.co.id -Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak kemudahan yang ditawarkan melalui fasilitas online salah satunya adalah Slik OJK. Saat ini, permintaan Slik OJK atau BI Checking semakin meningkat tetapi kini kamu tak perlu repot datang ke kantor lagi. Ini dikarenakan kita sudah bisa melakukan checking yang mudah melalui ponsel masing-masing. Dengan cara Cek Slik OJK Lewat HP, kamu dapat melakukan pengecekan langsung dari rumah dengan nyaman.

Pengecekan Slik OJK atau BI checking hanya dapat dilakukan dengan alasan yang jelas. Dokumen tersebut menjadi sarana penting bagi masyarakat untuk mengetahui detail transaksi keuangan yang melibatkan lembaga keuangan. Informasi yang ada dalam Slik OJK atau BI Checking ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal. Seperti pengajuan kredit atau keperluan lainnya. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Slik OJK dengan membaca tulisan berikut.

Fungsi Utama Slik OJK dan BI Checking

cara cek slik ojk

Seperti yang telah diketahui, Slik OJK atau BI Checking adalah sebuah laporan yang mengandung informasi terperinci tentang riwayat kredit. Baik itu untuk individu maupun perusahaan. Di dalam dokumen ini, tersedia segala rincian. Misalnya transaksi pinjaman yang pernah dilakukan, catatan tentang kredit macet yang mungkin terjadi, dan tidak ketinggalan informasi mengenai keterlambatan pembayaran.

Lembaga-lembaga keuangan, dengan bijaksana memanfaatkan Slik OJK sebagai alat untuk mencegah potensi hal yang tidak di inginkan. Seperti tindakan keuangan yang dapat merugikan pihak lain. Selain itu sebagai sarana untuk memantau potensi yang terkait dengan sektor keuangan. Melalui dokumen ini, mereka dapat dengan lebih mudah menganalisis dan menilai kelayakan pemberian kredit. Keuntungan lainnya adalah mengidentifikasi calon nasabah yang bepotensi tinggi.

Namun, tak hanya lembaga keuangan yang mendapatkan manfaat dari Slik OJK, konsumen pun turut merasakan dampak positifnya. Dokumen ini memberikan perlindungan kepada konsumen dengan memberikan gambaran komprehensif. Seperti tentang rekam jejak kredit yang dimiliki oleh individu atau perusahaan tertentu. Dengan demikian, kita sebagai konsumen memiliki kesempatan untuk melindungi kepentingan kita sendiri ketika berurusan dengan perusahaan tertentu. Karena dapat memeriksa secara teliti riwayat kredit dan mengambil keputusan yang lebih bijaksana berdasarkan informasi yang ada.

Baca juga: Cara Mengecek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak 2023

Apa saja Persyaratan Cek Slik OJK Lewat HP?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, sangat penting bagi kita untuk mengetahui dengan baik dan memahami secara lengkap persyaratannya. Persyaratan ini harus dipenuhi untuk dapat mengakses layanan tersebut. Adapun berikut ini adalah beberapa persyaratan yang perlu kamu penuhi guna memastikan kelancaran proses pengecekan slik OJK:

  • Jika debitur yang akan melakukan pengecekan adalah seorang individu, maka diperlukan persyaratan berupa salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dan paspor untuk mereka yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).
  • Sebaliknya, apabila debitur merupakan sebuah badan usaha, maka syarat-syarat yang diperlukan mencakup salinan KTP atau paspor dari pihak yang berwenang. Selain itu NPWP yang terkait dengan badan usaha tersebut, serta akta pendirian atau anggaran dasar pertama dan juga yang terakhir.
  • Pastikan untuk menyediakan alamat email aktif yang dapat dihubungi. Karena hal ini menjadi salah satu persyaratan penting dalam proses pengecekan slik OJK secara daring.
  • Sertakan juga foto diri dan foto dari kartu identitas dengan ukuran file maksimal 4 MB. Hal ini guna melengkapi kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pengecekan ini.

Dengan memenuhi semua persyaratan tersebut, kamu akan siap untuk melanjutkan proses pengecekan slik OJK lewat HP secara daring. Dan dengan langkah-langkah yang lebih pasti tentunya, serta memastikan kelancaran dan keberhasilan dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Panduan Cek Slik OJK Online

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada cara untuk melakukan pengecekan slik OJK melalui layanan pesan instan seperti WhatsApp (WA). Untuk mendapatkan akses informasi mengenai slik OJK, prosedur yang harus diikuti adalah melalui website sah yang telah ditetapkan, yaitu idebku.ojk.go.id. Terdapat beberapa langkah yang dapat kamu di website tersebut sebagai berikut:

  • Skor 1 menunjukkan bahwa debitur memiliki kredit yang lancar. Debitur dipastikan membayar kewajiban cicilan setiap bulan dengan tepat dan tanpa ada keterlambatan.
  • Skor 2 mengindikasikan bahwa kredit debitur menarik perhatian khusus. Debitur dengan skor ini tercatat pernah mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan kredit dalam rentang waktu 1 – 90 hari.
  • Skor 3 menandakan bahwa kredit debitur tidak lancar. Jika hasil cek BI Checking menunjukkan skor ini, berarti debitur pernah mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan kredit . Sekitar rentang 1 – 90 hari.
  • Skor 4 berarti kredit debitur diragukan, dimana tercatat adanya keterlambatan pembayaran cicilan kredit dalam rentang waktu 121 – 180 hari.
  • Skor 5 menyiratkan bahwa kredit debitur sudah macet. Jika debitur memperoleh skor ini, dapat dipastikan bahwa ia telah mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit. Sekitar rentang waktu lebih dari 180 hari.

Dengan mengetahui skor ini, lembaga keuangan yang ingin memberikan kredit atau pinjaman pada seorang debitur akan sangat terbantu. Karena dapat mengetahui riwayat keuangan debitur secara komprehensif dan akurat.

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu diharapkan mampu melakukan pengecekan slik OJK dengan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga memudahkan kamu dalam memperoleh informasi yang relevan mengenai riwayat kredit, baik untuk individu maupun perusahaan. serta memberikan akses yang tepat dan akurat bagi semua pihak yang membutuhkan.

Cara Cek Slik OJK Offline

Jika dalam jangka waktu yang lama kamu belum berhasil mendapatkan slik OJK secara daring, ada solusi lainnya. Solusinya yaitu melalui cara cek slik OJK online sebelumnya. Terdapat opsi alternatif yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu dengan mengunjungi langsung kantor regional OJK untuk melakukan proses pengurusan secara offline. Dalam metode ini, kamu perlu mengikuti serangkaian langkah yang serupa. Dimana tetap harus memenuhi persyaratan dokumen pendukung terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya.

Setelah memastikan telah memenuhi semua persyaratan yang diminta, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor OJK terdekat. Tujuannya adalah untuk mengambil formulir permintaan informasi debitur. Jangan lupa untuk menyerahkan semua persyaratan yang diminta dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk yang telah ditetapkan. Di sini, petugas di kantor OJK akan membantu dalam mengisi formulir dan memproses permohonan pengecekan slik OJK secara manual.

Proses pengecekan slik OJK secara offline ini tetap akan dilakukan oleh petugas OJK sesuai dengan prosedur dan kebijakan yang berlaku. Mereka akan memverifikasi data dan melakukan pengecekan slik OJK. Ini wajib dilakukan untuk memastikan keabsahan dan keakuratan informasi yang terkait dengan riwayat kredit individu atau perusahaan yang diminta. Hal ini dilakukan guna memastikan semua proses berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Meskipun prosesnya dilakukan secara manual di kantor, namun proses pengurusan slik OJK secara offline ini merupakan alternatif yang masih relevan. Hal ini terjadi karena bagi mereka yang belum berhasil mendapatkan akses informasi secara daring. Dengan begitu, kamu tetap memiliki kesempatan untuk memperoleh slik OJK yang dibutuhkan dengan tepat dan akurat.

Daftar Lengkap Skor Kredit

Setelah kamu berhasil menyelesaikan proses pengecekan BI Checking baik secara online dan offline kamu akan mendapat hasilnya. Hasilnya akan berupa slik OJK yang bepotensi skor kredit. Setiap skor kredit ini memiliki keterangan yang berbeda dan memberikan informasi mengenai bagaimana perilaku keuangan debitur di lembaga keuangan.

Jika skor kredit yang dimiliki debitur tergolong buruk, hal ini dapat menyebabkan bank atau pihak pemberi kredit enggan memberikan pinjaman. Sebaliknya, jika skor kredit yang dimiliki baik, permohonan kredit dapat diproses dengan lancar. Berikut adalah rincian mengenai arti dari masing-masing skor kredit:

  • Skor 1 menunjukkan bahwa debitur memiliki kredit yang lancar. Debitur dipastikan membayar kewajiban cicilan setiap bulan dengan tepat dan tanpa ada keterlambatan.
  • Skor 2 mengindikasikan bahwa kredit debitur menarik perhatian khusus. Debitur dengan skor ini tercatat pernah mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan kredit dalam rentang waktu 1 – 90 hari.
  • Skor 3 menandakan bahwa kredit debitur tidak lancar. Jika hasil cek BI Checking menunjukkan skor ini, berarti debitur pernah mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan kredit. Keterlambatan ini berkisar selama 1 – 90 hari.
  • Skor 4 berarti kredit debitur diragukan, dimana tercatat adanya keterlambatan pembayaran cicilan kredit dalam rentang waktu 121 – 180 hari.
  • Skor 5 menyiratkan bahwa kredit debitur sudah macet. Jika debitur memperoleh skor ini, dapat dipastikan bahwa ia mengalami keterlambatan pembayaran cicilan dalam rentang waktu lebih dari 180 hari. Dengan mengetahui skor kredit, lembaga keuangan yang ingin memberikan kredit atau pinjaman dapat mengetahui riwayat keuangan debitur secara akurat.

PENUTUP

Demikianlah cara cek slik OJK lewat HP yang dapat dilakukan secara online. Dengan kemudahan ini, masyarakat dapat lebih efisien dalam melaksanakan proses cek slik OJK. Ini karena tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk antri dan datang langsung ke kantor OJK Regional. Selain itu, akses yang lebih mudah ini juga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi individu dan perusahaan. Dengan akses mudah maka mereka dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan bertanggung jawab.

Artikel Lainnya: