Dalang Akan Berdayakan WBP Melalui Mesin Tepat Guna Ciptakan Sampah Jadi Produk Layak Jual

banner 468x60
Share disini :

CAKRAWALA NUSANTARA.CO.ID | TANGERANG– Owner Dalang (Daur Ulang) Suryandi (42) kunjungi Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang untuk sosialisasikan mesin temuannya “Dalang” yang mempunyai tekhnologi tepat guna untuk ciptakan lapas bebas dari sampah.

Dalang berharap Indonesia menjadi negara yang dapat mendaur ulang sampah sendiri.

Harapan terbesar kami sejak dimulainya program ini adalah menjadikan Indonesia negara kami ini menjadi negara mandiri yang dapat bertanggung jawab atas sampah mereka sendiri.

“Saya sangat terpukau melihat situasi Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang yang tidak terkesan penjara, begitu pesatnya perkembangan Lapas sangat saya rasakan hari ini. ” Kata Suryandi pada awak media, Senin (9/5/2022).

Suryandi memaparkan Saya berharap tekhnologi mesin daur ulang (Dalang) penemuan saya bisa bermanfaat untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam hal pemberdayaan .

“Pembinaan ketrampilan dan kegiatan kerja yang tujuannya ketika mereka bebas sudah trampil dan punya bekal ketrampilan yang akan mengembangkan gerakan UMKM Dalang melalui program sampah didaur ulang menjadi produk layak jual.” tegasnya.

Lanjut Suryansi menjelaskan kami akan siapkan 2 unit mesin lengkap senilai 350.000.000,- (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) dan kami berikan pelatihan untuk ciptakan sampah plastik menjadi produk layak jual yang diproduksi dalam waktu cepat .

“Tujuan utamanya Lapas sudah tidak membuang sampah dari Lapas ke TPA namun langsung di kerjakan di Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang tanpa menyisakan sampah. ” Imbuhnya.

” Terima kasih atas kunjungan Owner Dalang yang telah memaparan sosialisasi yang sangat detail terkait sampah yang akan di daur ulang (Dalang),yang sangat inovatif dan tentunya saya akan sampaikan ke Kalapas Pemuda Kelas II A Tangerang. ” Kata Bhanad Shofa Ka KPLP Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang.

” Kami sangat mengapresiasi niat mulia Owner Dalang untuk memberdayakan Warga Binaan mengunakan tekhnologi mesin yang dapat ciptakan produk layak jual dari sampah.” Tegasnya.

” Sebelum Kalapas Pemuda Kelas II A Kadek Anton Budiartha berangkat tugas ke Belanda saya akan sampaikan dan tentunya akan kami bahas sesuai prosedur yang ada.” Imbuhnya.

KPLP Bhanad Shofa juga membubuhkan tanda tangan mengunakan tinta emas tepat di samping tanda tangan Menteri Perindustrian RI diatas hasil karya cipta Dalang yang akan dipasang pada Perahu Penyedot sampah yang sedang dalam tahap finishing.

” Semoga hasil karya cipta Dalang dapat bermanfaat dan dapat tuntaskan masalah sampah di TPS tanpa harus membuang sampah ke TPA. “Pungkas KPLP Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang.(Tim/Red) 

Sumber: Lilik Adi Goenawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.