Sanggar Karawitan Amper Sumekar Pimpinan Abdur Rahman, SH., Iringi Prosesi Penyerahan Petaka Terhadap Arya Wiraraja

banner 468x60
Share disini :

SUMENEP – Sanggar Karawitan Amper Sumekar Pimpinan Bapak.Abdur Rahman, SH yang akrab dipangil dengan Bapak. Encung ikut serta dalam Pagelaran kolosal dan prosesi pelantikan Arya Wiraraja menjadi Adipati Sumenep dalam rangkaian perayaan Hari Jadi ke-753 Kabupaten Sumenep.

Pagelaran kolosal yang bertempat di Taman Adipura, Jl. Veteran, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sumenep, Danpomdam V/Brw Kolonel Cpm Reza Mohammad Husen Nasution, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H, Pimpinan OPD Kabupaten Sumenep dan undangan lainnya. Sabtu (29/10/2022).

Yang mana pada prosesi penyerahan petaka terhadap Arya Wiraraja berlangsung hikmad seiring lantunan bunyi gamelan yang dibawakan oleh sanggar karawitan Amper Sumekar pimpinan Bpk Encung.yang beralamatkan Jalan K.H. Mansyur Rt. 02 Rw. 06 Desa Pabian, Kec. Kota, Kab. Sumenep.

Prosesi pelantikan Arya Wiraraja didahului dengan tarian kolosal dan melibatkan ratusan siswa Sumenep yang diiringi oleh Tarian tersebut merupakan sambutan gembira terhadap datangnya pemimpin baru Sumenep, Arya Wiraraja.

Arya Wiraraja dilantik oleh Prabu Kertanegara sebagai Adipati pertama Sumenep pada pada 31 Oktober 1269. Sejak tahun 1269, Sumenep berdiri dengan bentuk kerajaan. Baru pada tahun 1929 berubah menjadi kabupaten. Sampai saat ini, Sumenep telah dipimpin 35 raja dan 16 Bupati.

Saat di temui oleh media Bapak Abdur Rahman, SH selaku ketua dari sangar Karawitan Amper Sumekar menerangkan kepada media partner bahwa,

“Sangar Kerawitan Amper Sumekar akan Terus eksis dalam melestarikan budaya daerah di Kab. Sumenep, karena Sumenep ini identik dengan daerahnya yang berbasis Kraton Songenep dan juga untuk mempertahankan kearifan budaya lokal.” Ucapnya singkat.

Hari ini sekaligus juga dilakukan peluncuran kalender event Sumenep untuk tahun 2023 oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H.,M.H, Selain itu, juga ada pawai budaya yang diikuti jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sumenep. Pawai Budaya itu menggunakan becak hias, berkeliling Taman Adipura Sumenep. (FANS/NSR)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *