Taman Safari Bogor Yang Cocok Untuk Healing Membawa Keluarga

cakrawalanusantara.co.id – Apakah kamu dan rekan-rekanmu tengah mencari rencana liburan yang seru untuk akhir pekan mendatang? Jika begitu, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Safari Bogor. Terletak di Cisarua, destinasi wisata ini bukan sekadar menawarkan panorama alam yang indah dan kesempatan berinteraksi dengan berbagai jenis satwa, tetapi juga menyajikan sejumlah atraksi unik dan menghibur yang akan membuat kunjunganmu tidak mengecewakan.

Taman Safari Bogor benar-benar bisa menjadi pemenuh kebutuhan untuk membuat liburanmu penuh kegembiraan. Mulai dari hiburan yang tak membosankan hingga kesempatan untuk belajar lebih banyak mengenai dunia satwa. Di sini, kamu akan diberikan pengalaman tak hanya menikmati keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga dapat merasakan sensasi mengasyikkan dari berbagai pertunjukan dan atraksi yang memukau.

Tidak sabar ingin tahu seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini? Untuk memberi gambaran lebih jelas, mari kita bahas dengan detail mengenai berbagai macam wahana yang dapat dinikmati, fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung, serta informasi penting seputar harga tiket masuk dan jam operasional.

Jadi, jika kamu mencari liburan seru yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman, atau pasangan, Taman Safari Bogor adalah pilihan yang sempurna. Kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga dengan mengeksplorasi keindahan alam dan keunikan atraksi yang ditawarkan di tempat ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk menciptakan momen berharga dan kenangan yang memorable di Taman Safari Bogor!

Tentang Taman Safari Bogor

Ketika kamu mencari destinasi liburan keluarga yang mengusung tema alam dan satwa liar, Taman Safari Bogor menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan. Dibangun pada tahun 1980, taman ini berlokasi di Cisarua, Bogor, Indonesia, dengan luas area mencapai 170 hektar. Tak heran, tempat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di negeri ini.

Namun, keunikan destinasi ini tak hanya terletak pada popularitasnya, tetapi juga pada pengalaman yang mengasyikkan yang ditawarkan kepada para pengunjung, terutama bagi mereka yang mencintai dunia satwa dan alam. Di Taman Safari Bogor, kamu berkesempatan untuk menjelajahi ragam satwa dari berbagai penjuru dunia, mulai dari harimau, singa, jerapah, zebra, hingga komodo.

Tidak hanya itu, pengalaman lain juga bisa kamu dapatkan dengan naik mobil safari yang akan membawamu berkeliling dalam habitat alami satwa liar. Atau, jika ingin lebih dekat, kamu bisa berinteraksi dengan satwa-satwa jinak seperti burung dan kuda.

Taman Safari Bogor bukan hanya sekadar tempat hiburan belaka. Di balik hiburan dan petualangan, terdapat program-program edukasi dan konservasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan keberlangsungan satwa.

Melalui berbagai aktivitas seperti pameran satwa, pertunjukan edukatif, upaya pengembangbiakan, dan manajemen satwa liar, tempat ini berhasil menciptakan pengalaman yang mendidik bagi pengunjungnya. Jangan heran jika setiap harinya, Taman Safari Bogor selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan satwa.

Baca juga: Cafe di Bogor Kota Dekat Stasiun Murah dan View Bagus

Wahana Taman Safari Bogor

taman safari bogor

Taman Safari Bogor menawarkan lebih dari sekadar pertemuan dengan satwa-satwa yang unik dan cantik. Begitu kamu memasuki kawasan ini, dunia baru yang bisa kamu arungi terbuka lebar di depanmu. Selain interaksi akrab dengan berbagai jenis satwa, kamu juga dapat mengeksplorasi berbagai wahana seru yang membuat kunjunganmu semakin berkesan.

Saat berada di Taman Safari Bogor, kamu tidak hanya akan diberikan kesempatan untuk melihat binatang-binatang, tetapi juga dapat merasakan sensasi berpetualang dengan berbagai wahana menarik. Apakah kamu ingin merasakan bagaimana rasanya berada di antara kawanan satwa liar? Kamu bisa naik mobil safari dan menjelajahi habitat asli mereka. Atau, jika kamu ingin merasakan keintiman dengan satwa yang lebih jinak, wahana interaktif seperti area burung dan kuda memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara langsung.

Di antara kunjunganmu ke berbagai kawasan satwa, jangan lupa meluangkan waktu untuk mencoba wahana-wahana lainnya yang ditawarkan. Taman Safari Bogor menyajikan beragam pilihan yang menghibur dan mendebarkan. Mulai dari roller coaster yang membuat berdebar hingga permainan air yang epik, setiap pengalaman di Taman Safari Bogor akan meninggalkan kenangan tersendiri dalam liburanmu.

Safari Journey

Safari Journey adalah salah satu pengalaman yang pasti ingin kamu coba saat berkunjung ke Taman Safari Bogor. Dalam perjalanan ini, kamu dapat menjelajahi berbagai area satwa dengan berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus selama 45 menit.

Selama Safari Journey, kamu memiliki kesempatan untuk memberi makan beberapa hewan yang mendekat. Namun, perlu diingat bahwa hanya hewan-hewan herbivora yang boleh diberi makan. Penting juga untuk selalu ingat bahwa kamu tidak diperkenankan membuka kaca mobil saat memasuki kawasan yang dihuni oleh hewan-hewan karnivora.

Untuk mendapatkan pengalaman ini, kamu dapat mengikuti Safari Journey pada jam operasional Taman Safari Bogor. Pada hari Senin hingga Jumat, perjalanan ini tersedia dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan, pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, kamu dapat memulai petualangan sedikit lebih awal, mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Safari Malam

Safari Malam adalah pengalaman luar biasa yang wajib kamu eksplorasi ketika berkunjung ke Taman Safari Bogor. Jika kamu penasaran tentang bagaimana kehidupan satwa liar di malam hari, Safari Malam adalah pilihan yang sempurna untuk merasakannya. Dengan menggunakan kereta wisata yang telah disediakan, kamu akan diajak menjelajahi misteri dan keindahan kehidupan malam di tengah taman.

Keamananmu selama perjalanan juga menjadi prioritas. Tidak perlu khawatir, karena ada pemandu yang akan membimbing dan menemanimu sepanjang perjalanan. Kamu akan mendapatkan wawasan yang baru tentang perilaku dan aktivitas satwa-satwa yang aktif di malam hari, memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan di Taman Safari Bogor.

Safari Trek & Outbound

Kamu memiliki kesempatan untuk merasakan petualangan melalui Safari Trek & Outbound di Taman Safari Bogor. Pengalaman seru ini dapat kamu nikmati setiap harinya dengan melakukan reservasi minimal untuk 25 orang. Bersama dengan pemandu berpengalaman, kamu akan diajak menjelajahi keindahan hutan Gunung Gede Pangrango dalam perjalanan sepanjang 3-9 km. Sambil menelusuri area ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk menemukan air terjun dan mengikuti aliran sungai yang mengalir di dalamnya.

Tidak hanya itu, wahana outbound juga tersedia untukmu yang ingin merasakan sensasi tambahan. Dengan aktivitas seperti flying fox dan rope climbing, kamu bisa menguji keberanian dan keterampilanmu dalam suasana yang menyenangkan. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Safari Poo Paper & Composting, sebuah pengalaman spesial yang juga menjadi bagian dari Safari Trek & Outbound di Taman Safari Bogor.

Istana Panda

Bagi kamu pecinta panda, jangan sampai melewatkan pengalaman mengunjungi Istana Panda di Taman Safari Bogor. Di tempat ini, kamu akan diberi kesempatan langka untuk berinteraksi dengan banyak panda yang menggemaskan.

Istana Panda menanti kunjunganmu setiap harinya, dengan jam operasional yang berbeda. Pada hari Senin hingga Jumat, kamu bisa melihat panda mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sementara itu, pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, keseruan bersama panda dapat kamu nikmati mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Waterpark

Taman Safari Bogor tidak hanya menghadirkan pengalaman interaksi dengan satwa liar, tetapi juga memberikan kesempatan untuk merasakan kegembiraan bermain air di Waterpark yang tersedia. Di sini, kamu dapat menikmati berbagai jenis wahana air yang seru dan menyenangkan, termasuk Spiral Water Slide, Lazy River, Kiddy Pool, dan banyak lagi pilihan lainnya.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba pengalaman bermain air yang ini? Kamu dapat mengunjungi Waterpark Taman Safari Bogor pada jam operasional yang telah ditentukan. Pada hari Senin hingga Jumat, kamu dapat menikmati wahana ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, kamu bisa bersenang-senang di Waterpark mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB.

Amusement Ride

Rasanya belum lengkap menjelajahi Taman Safari jika kamu belum mencoba wahana yang penuh tantangan dan adrenalin, yaitu Amusement Ride. Dalam area ini, kamu akan menemukan beragam pilihan wahana seru yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Speedway, Lolly Swing, Poni Rodeo, Kincir Raksasa, Crazy Plane, Mandi Bola, Foam Ball, Sepeda Air, Sepeda Layang, Ventura River, hingga Bom-bom Car, semua menanti untuk memberikanmu sensasi mengasyikkan.

Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan lainnya seperti Flume Ride, Space Shuttle, Climbing Car, Cartoon Train, Angsa Terbang, Gajah Terbang, Bumber Boat, Spinning Boat, Jet Boat, dan Kevil Hill (Rumah Hantu 3D).

Animals Area

Ketika kamu berada di Taman Safari Bogor, kamu akan menemukan tempat bernama Animals Area. Taman ini memiliki reputasi sebagai tempat pelindung bagi lebih dari 2.500 jenis satwa dari berbagai belahan dunia, yang dijaga dalam kondisi lingkungan yang menciptakan suasana mirip dengan habitat alami mereka. Oleh karena itu, taman ini mencakup fasilitas area-area menarik seperti:

Hewan-hewan dari berbagai benua dapat kamu temukan di Animals Area, mulai dari hutan belantara hingga gurun pasir. Kamu akan merasakan sensasi mendekati binatang-binatang yang gagah maupun lucu seperti harimau, singa, jerapah, zebra, serta banyak spesies lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga akan merasa seolah-olah berada di tengah hutan rimba saat melewati habitat yang dirancang khusus untuk primata seperti orangutan dan gorila. Animals Area di Taman Safari Bogor benar-benar memberi pengalaman yang memorable bagi setiap pengunjungnya, dengan keberagaman satwa dan lingkungan yang disajikan dengan begitu nyata.

Atraksi Satwa

taman safari bogor

Taman Safari Bogor menawarkan serangkaian atraksi menakjubkan yang menghibur di bawah tema “Atraksi Satwa.” Selain kesempatan untuk berinteraksi dan melihat satwa-satwa yang menarik, kamu juga akan diberikan pengalaman yang tak terlupakan melalui berbagai pertunjukan atraktif. Berikut informasi lebih lanjut:

  • Elephants Show
    Atraksi ini memberikan edukasi mengenai kehidupan dan kegiatan gajah di habitatnya. Sambil menikmati pertunjukan, kamu akan diajak untuk mencintai dan melestarikan lingkungan gajah demi kelangsungan hidup mereka.
  • Safari Theatre
    Safari Theatre menampilkan berbagai pertunjukan seru dengan durasi sekitar 30 menit, termasuk tarian api, lawakan, sulap, akrobatik, dan atraksi lain yang memukau dari Oriental Circus.
  • Various Animal Show
    Beragam satwa liar dari seluruh dunia, seperti beruang, harimau, macan tutul, dan kuda nil, tampil dengan gerakan-gerakan menggemaskan di panggung.
  • Tiger Show
    Kamu bisa menyaksikan aksi luar biasa sang Raja Rimba dalam melompat dan meluncur di atas panggung.
  • Sea Lion
    Singa laut tampil lincah dengan tarian dan atraksi lain yang menyenangkan, menghibur penonton dengan kecerdasan mereka.
  • Birds of Prey
    Atraksi Birds of Prey memperkenalkan berbagai burung pemangsa seperti elang dan burung hantu dalam penerbangan dan aksi menangkap mangsa.
  • Dolphins Show
    Lumba-lumba menampilkan kecerdasan dan kelincahannya melalui pertunjukan melompat dan berbagai gerakan indah di dalam air.
  • Cowboy Show
    Aksi petualangan koboi dalam mengejar bandit dan pertunjukan seru didukung latar musik dan kostum khas era koboi.
  • Globe of Death
    Atraksi menegangkan menampilkan lima pengendara sepeda motor beraksi dalam sebuah globe.

Fasilitas

Taman Safari Bogor menghadirkan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjungnya selama berada di dalam kawasan. Dari lahan parkir yang luas, pusat informasi, auditorium, area istirahat, termasuk fasilitas toilet dan mushola, semuanya telah disiapkan dengan baik.

Tidak hanya itu, tersedia pula transportasi gratis berupa kereta mini dan bus yang siap membawamu mengelilingi keindahan taman ini. Pengalaman foto dengan satwa juga tak terlewatkan, dengan jasa fotografi profesional yang memungkinkanmu untuk berpose bersama satwa-satwa menarik.

Untuk memenuhi kebutuhan kuliner, zona bebas satwa menyajikan beragam restoran dan kafe, menawarkan berbagai sajian lezat yang tak boleh dilewatkan. Bahkan, kamu bisa membawa pulang cinderamata spesial dari outlet souvenir yang ada.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Taman Safari Bogor juga menyediakan bungalow berdesain kayu yang unik dan fasilitas lengkap, cocok untuk mereka yang ingin merasakan pengalaman menginap yang tak terlupakan di tengah lingkungan alami. Semua fasilitas ini hadir untuk memastikan kunjungan kamu di Taman Safari Bogor berjalan dengan penuh kenyamanan dan kesenangan.

Harga Tiket

Jika kamu merencanakan kunjungan ke Taman Safari Bogor pada tahun 2023, penting bagi kamu untuk mengetahui informasi terbaru mengenai harga tiket masuk. Taman Safari menawarkan pilihan tiket baik untuk safari siang maupun safari malam, dengan harga yang berbeda untuk kategori anak-anak dan dewasa.

Berikut ini adalah rincian harga tiket masuk Taman Safari Bogor yang dapat kamu pertimbangkan:

Harga Tiket Masuk di Loket:

Tiket Masuk Anak Domestik Usia 1-5 Tahun:

  • Hari Kerja (Weekday): Rp 200.000
  • Akhir Pekan (Weekend): Rp 225.000

Tiket Masuk Dewasa Domestik Usia > 6 Tahun:

  • Hari Kerja (Weekday): Rp 230.000
  • Akhir Pekan (Weekend): Rp 255.000

Harga Tiket Masuk melalui Website Resmi Taman Safari:

Tiket Masuk Anak Domestik Usia 1-5 Tahun:

  • Hari Kerja (Weekday): Rp 195.000
  • Akhir Pekan (Weekend): Rp 215.000

Tiket Masuk Dewasa Domestik Usia > 6 Tahun:

  • Hari Kerja (Weekday): Rp 225.000
  • Akhir Pekan (Weekend): Rp 245.000

Penting untuk dicatat bahwa kamu memiliki fleksibilitas dalam membeli tiket masuk, baik melalui website resmi Taman Safari atau langsung di loket. Taman Safari Bogor juga menawarkan pengalaman yang ramah untuk semua usia, dan jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, bus safari tersedia secara gratis.

Tak hanya itu, harga tiket masuk juga mencakup akses ke berbagai wahana menarik, seperti Safari Journey, presentasi edukasi satwa, wahana permainan, Istana Panda, Baby Zoo, Kubah Burung, Lorong Reptil, Kampung Papua, Humboldt Penguin, Pusat Primata, dan Pulau Komodo Dragon. Dengan begitu, kamu bisa menikmati berbagai pengalaman seru dan mendalam di Taman Safari Bogor tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan.

Rute Menuju Taman Safari Bogor

Untuk kamu yang berencana mengunjungi Taman Safari Bogor, jangan khawatir soal aksesibilitasnya. Taman Safari ini memiliki akses yang mudah dijangkau dari berbagai wilayah sekitarnya. Jika kamu berasal dari Jakarta, opsi yang bisa kamu pilih adalah menggunakan bus jurusan Bandung-Puncak. Setelah turun di pertigaan Taman Safari Indonesia, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot TSI selama sekitar 10 menit.

Bagi yang menggunakan KRL dari luar daerah, alternatifnya adalah mengambil KRL jurusan Stasiun Bogor. Setelah itu, ganti kendaraan dengan naik angkot hijau 02 menuju Sukasari, dan kemudian lanjutkan dengan angkot biru 03 yang menuju Cisarua. Setelah sampai di pertigaan Taman Safari Indonesia, kamu bisa naik angkot lainnya untuk mencapai lokasi tujuan.

Jika kamu datang dari Bandung, rutenya mirip dengan yang dari Jakarta. Kamu juga bisa menggunakan KRL dari Stasiun Bogor atau memilih bus jurusan Jakarta-Puncak. Setibanya di pertigaan TSI, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot atau moda transportasi lainnya.

Dengan beberapa opsi rute yang disediakan, kamu dapat dengan mudah mencapai Taman Safari Bogor dari berbagai lokasi, sehingga perjalanan menuju destinasi wisata ini dapat menjadi pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Jam Buka

Kalau kamu tengah merencanakan kunjungan ke Taman Safari Bogor, pastikan kamu tahu info penting seputar lokasi dan jam operasionalnya. Taman Safari Indonesia memiliki jadwal yang nyaman bagi pengunjung:

Pada hari Senin-Jumat, kamu bisa menikmati pengalaman seru di taman ini mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore.

Sementara itu, untuk akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu, Taman Safari Bogor sudah siap menyambut kamu lebih awal, yakni mulai pukul 08.30 pagi hingga 17.00 sore.
Lokasi Taman Safari ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Tepatnya berada di Jalan Kapten Harun Kabir No.724, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan lokasi yang strategis ini, kamu dapat dengan mudah mencapai destinasi wisata ini untuk menikmati berbagai atraksi seru dan menyenangkan yang disajikan

Artikel lainnya: