Umbul Donga di Pesangrahan Kandang Menjangan Kopasus Kartasura Jelang Pagelaran Budaya 2022

banner 468x60
Share disini :

CAKRAWALA NUSANTARA.CO.ID | KARTASURA–Pesangrahan yang berada di Mako Group 2 Kopasus Kandang Menjangan Kartasura – Jawa Tengah merupakan salah satu cagar budaya yang dirawat dan dijaga sebagai bentuk tanggung jawab prajurit Kopasus pada Leluhur Kandang Menjangan.

Jelang H-1 HUT Kopasus Ke-70 yang akan diselenggarakan Pagelaran Budaya 2022 ” Kandang Menjangan Wayangan ” pada Rabu, 8 Juni 2022 dibawakan oleh Ki Dalang Danang Suseno dengan Lakon “Mbangun Candi Sapta Arga” dimulai pukul 19.00 Wib sampai dengan selesai .

Kegiatan doa bersama berpusat di Pesangrahan Group 2 Kopasus diadakan Umbul Dongo yang dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Anisyah Kartasura Gus Najib juga di hadiri Komandan Group 2 Kopasus Kolonel Inf. Sabdono Budi Wiryanto, S.E., beserta Wadan Group 2 Kopasus beserta staff, turut hadir Ki Dalang Danang Suseno pada Selasa, (7/6/2022).

Pesangrahan ini berdiri sejak zaman Sri Susuhan Paku Buwono X yang sudah di tetapkan sebagai cagar budaya hingga Kami mempunyai tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan adat, budaya, tradisi peninggalan para leluhur yang makam dan petilasannya berada di Kandang Menjangan Group 2 Kopasus, Kartasura. ” Kata Dan Group 2 Kopasus Kolonel (Inf) Sabdono Budi Wiryanto, SE pada awak media .

“Oleh sebab itu Kita berkumpul bersama untuk memanjatkan doa pada Allah SWT supaya acara esok hari berjalan aman dan lancar tanpa halangan, tak lupa kami ucapkan terima kasih pada ulama dan santri Kartasura yang hadir, apabila ada yang kurang berkenan, kami mohon dimaafkan” Tegas orang nomor satu di Group 2 Kopasus Kandang Menjangan Kartasura.

“Sangat beruntung bangunan Pesanggrahan era Sri Susuhunan PB X ini berada di Kompleks Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan dan
Sangat terawat dan terjaga dengan baik keberadaannya ” Ujar KH. Najib Ulama asal Kartasura.

Setelah doa bersama peserta dibawa 2 mobil taktis Kopasus menuju makam para leluhur yang ada di area Mako Group 2 Kopasus Kandang Menjangan.

Setelah doa bersama di Makam Leluhur Kandang Menjangan Eyang Suro Alap-Alap diadakan tabur bunga dan usai nyekar lanjut kembali ke Pesanggrahan dilanjutkan makan bersama dan acara ditutup dengan doa serta sholat magrib berjamaah.(Tim/Red)

Sumber: Lilik Adi Goenawan, S.Ag

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.